La Nyalla Kaget Dengan Rencana Manchester City

1962562Insan sepakbola Indonesia tengah dikejutkan dengan wacana klub raksasa asal kompetisi Liga Inggris, Manchester City, mengakuisisi salah satu klub sepakbola nasional.

Tidak lain, tujuannya supaya The Citizens semakin dikenal ke penjuru dunia. Hal tersebut, merupakan strategi manajemen The Citizens usai ditopang dana berlimpah dari bangsawan Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan.

“Oww,! Terkait rencana Man City sebenarnya saya belum mengetahuinya. Tapi prinsipnya, kita support,” keterangan singkat Wakil Ketua Umum (Waketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) La Nyalla Mahmud Mattalitti, melalui pesan singkatnya (SMS).

Meski luput dari perhatian La Nyalla, ekspansi tim sekota Manchester United tersebut ke Indonesia justru sudah diketahui Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo.

Roy menerangkan, Man City belum menentukan klub mana yang akan mendapatkan peluang emas tersebut. Hanya saja diungkapkan Roy, kesempatan tersebut akan diberikan kepada klub amatir dan bukan profesional.

Roy juga berharap, supaya akuisisi yang dilakukan menggunakan mekanisme bank dan tidak ingin ada campur tangan terkait peluang pemain Indonesia merumput bersama Man City.

Sebagai langkah awal, beberapa pemain M City bahkan disebut-sebut akan mengunjungi Indonesia pada Juni mendatang.

“Pemerintah masih menunggu. Namun pada prinsipnya, kami mendukung semua upaya kolaborasi ini. Contoh, Indonesia menjalin kerjasama antara pemerintah dengan KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda),” kata Roy.

“Unsur pemerintah harus benar-benar di luar dari proses akuisisi itu. Kami tidak perlu mencampuri urusan itu. Kalau goverment to goverment kami yang atur. Tetapi dalam kaitannya dengan business to business, mereka yang atur. Jangan sampai, pemerintah, seharusnya menjadi wasit, ikut menjadi pemain,” tuntas Roy.

Manuver yang dilakukan manajemen M City, juga meluas dengan membentuk sebuah klub Major League Soccer (MLS) bernama New York City Football Club (NYCFC). Nantinya, NYCFC akan berlaga di MLS pada musim 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s